Windha Mega
Assalamu'alaiukum Warrakhmatullahi Wabarakatuh

Baru belajar nulis ni. Tapi mudah-mudahan bermanfaat!
Daripada membahas pemerintahan, yang ada hanya mengeluhkan tanpa bisa melakukan apa-apa. Ijinkan saya untuk berbagi sedikit pemahaman tentang shalat dhuha. Harapannya setelah membaca tulisan ini, kita dapat memperbaiki kualitas hidup kita.
Isi dari tulisan ini adalah rangkuman dari hasil mendengarkan tausiah Ustad Yusuf Mansur. Yang berjudul "Fadilah Shalat Dhuha".
^_^

"Tak Kenal Maka Tak Sayang"
sebelum membahas panjang x lebar tentang shalat dhuha, kita harus tahu terlebih dahulu sifat shalat dhuha. Sifat shalat dhuha adalah Sunah Muakadah, yaitu Sunah yang mendekati wajib dan sangat dianjurkan! Jika ditinggalkan akan berpengaruh pada kualitas hidup kita (kesehatan, nasib, rejeki kita).

Shalat sunah muakadah itu ibarat burung.
- burung yang mempunyai sayap tapi tidak terbang namanya burung males
- burung yang tidak tahu kalau dia punya sayap namanya burung "bodoh" (menempel di badan, tapi tidak tahu fungsinya)
burung yang mempunyai kedua sifat itu, tentu dia tidak akan pernah bisa terbang.
Sayapnya shalat itulah shalat muakadah (pasangan shalat wajib), diantaranya dhuha,rawatib qabliyah & ba'diah.
Dengan shalat sunah muakadah inilah kita dapat terbang, meraih nikmat & rejeki yang telah Allah SWT persiapkan untuk kita.

Mengapa selama ini kita tidak terbiasa dhuha?? ada 2 alasan yang menjadi penyebabnya, yaitu:
1. karena kita tidak mengetahui fadilah dhuha
2. karena kita tidak terbiasa shalat dhuha. Semua dimulai dengan membiasakan.
Selama ini, lingkungan kita mengajarkan bahwa sunah itu diartikan "Perbuatan yang apabila dikerjakan berpahala, dan apabila ditinggal tdk mengapa".
Kata "tidak mengapa" inilah yang membuat kita menanggapinya dengan santai dan seenaknya. Terbiasa menjadi pribadi yang serba pas-pas an dan menjadi terbiasa untuk meninggalkan segala perbuatan-perbuatan yang bersifat sunah.
Alhasil kita adalah orang yang tidak terbiasa melaksanakan shalat dhuha.

Dhuha adalah penutup hutang kita kepada Allah atas ruh yang telah Allah titipkan dalam badan ini, atas semua nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.
Contohnya: jika kita menghirup udara melalui tabung oksigen rumah sakit, berapa uang yang harus kita keluarkan untuk membayarnya seumur hidup kita?
Pada kenyataannya untuk dapat hidup, kita menghirup udara melalui sistem pernafasan yang Allah miliki. Dan Allah memberikannya GRATIS!
Kalaupun kita harus bayar semua Nikmat yang Allah berikan kepada kita (berupa jantung, mata, tangan, kaki, akal, dll), tidak akan ada satu makhluk pun di dunia ini yg sanggup membayarnya dengan hitungan uang. Semua yang ada pada kita adalah milik Allah, jadi wajar kalau kita harus membayarnya. Wallahu a'lam bi ash-shawab..

Hanya saja, karena kasih sayang-Nya kepada kita, maka Allah hanya memerintahkan shalat dhuha 2 rakaat, maka lunaslah semua hutang kita kepada Allah! Subhanallah...


Rasulullah bersabda:
Barang siapa melaksanakan shalat subuh secara berjamaah, kemudian dia duduk berdzikir kepada Allah SWT hingga terbit matahari kemudian dia melaksanakan shalat dhuha 2 rakaat, maka ia mendapat pahala seperti pahala haji & umroh secara SEMPURNA!

Membiasakan shalat dhuha 2 rakaat saja, niscaya Allah menghapuskan dosa kita sekalipun dosa kita sebanyak buih di lautan.

Rasulullah juga pernah bersabda:
Nanti pada hari kiamat, akan ada sebuah pintu di surga yang dinamakan "Pintu Dhuha".
Malaikat bertanya: "Mana yang ketika di dunia, ia membiasakan dhuha? Inilah pintu kalian, masuklah ke surga melalui pintu ini!"
Subhanallah..

Maka penting sekali bagi kita untuk mengawali aktivitas kita setiap harinya dengan shalat dhuha, minimal 2 rakaat.
Dari sedikit rangkuman di atas, semoga dapat menjadi pemantik kita untuk membiasakan shalat dhuha sebelum beraktivitas. Sebagai perwujudan rasa syukur atas segala nikmat & karunia yang telah Allah berikan kepada kita. Amin...
Mari kita membiasakan untuk shalat dhuha secara rutin, agar Allah SWT memberikan berkah-Nya kepada kehidupan kita.
Sebenarnya masih banyak lagi fadilah shalat dhuha, yang bisa menjadi penyemangat untuk selalu rutin menjalankan shalat dhuha. Tetapi kita sambung di lain waktu ya. Semoga kita masih diberikan kesempatan untuk berbagi melalui tulisan ini. Insya Allah..

Alhamdulillahi Rabbil 'alamin
Wassalamu 'alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh..
1 Response
  1. Unknown Says:

    bagus artikelnya saya jadi tau lebih jauh tentang sholat dhuha.
    ST3 Telkom


Posting Komentar